Monday, November 6, 2017

Rothwell Miller Interest Blank (RMIB)

            Tes inventori Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) digunakan untuk melihat minat dan juga bakat individu. Salah satu tes inventori yang secara khusus terfokus pada penilaian minat dan bakat individu. Konsep utama atau dasar teori dari RMIB ini adalah mengenai persepsi dan juga stereotip pada individu mengenai pekerjaan – pekerjaan tertentu. Dengan memanfaatkan stereotip ini, maka test RMIB mampu untuk mengungkapkan jenis pekerjaan dan juga minat dan bakat yang cocok bagi individu.

Jenis-Jenis Pekerjaan yang terdapat pada RMIB

Terdapat 12 jenis pekerjaan yang terdapat dalam tes RMIB, yaitu:

  1. Outdoor (OUT), merupakan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas di luar ruangan, atau aktivitas lapangan.
  2. Mechanical (ME), merupakan jenis pekerjaan yang menggunakan mesin, peralatan mekanik, dan juga peralatan-peralatan tambahan.
  3. Computational (COMP), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan angka, dan operasi hitungan (komputasi).
  4. Scientific (SCL), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan analisa, penyelidikan, penelitian, dan juga segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  5. Personal Contact (PERS), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, hubungan interpersonal, diskusi, dan juga berhubungan dengan banyak orang.
  6. Aesthetic (AESTH), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan kesenian.
  7. Literary (LIT), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan buku, membaca, dan segala bentuk kegiatan literatur, seperti menulis, mengarang, dan sebagainya.
  8. Musical (MUS), Merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan musik, mulai dari memainkan alat musik, membuat musik, dan mendengarkan musik.
  9. Social Service (SOS), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan kehidupan sosial, pelayanan masyarakat. Seperti dokter dan psikolog, yang memabantu, menolong dan juga mendorong kehidupan sesama manusia.
  10. Clerical (CLER), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan tugas-tugas rutin yang membutuhkan ketelitian, sistematis, dan juga cenderung teratur.
  11. Practical (PRAC), merupakan pekerjaan yang sifatnya praktis, membutuhkan keahlian, dan keterampilan.
  12. Medical (MED), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan pengobatan, penyembuhan, dan juga perawatan secara medis.
Contoh Tes RMIB



Sumber

No comments:

Post a Comment