Friday, December 29, 2017

Test Psikologi Minat dan Bakat: RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)


Sistem Informasi Psikologi
Test Psikologi Minat dan Bakat : RMIB   (Rothwell Miller Interest Blank)




Disusun oleh :
Nama              : 1. Bayu Ramadhan (12514075)
 2. Thalita Amanda (1A514722)
 3. Yolanda Eka Putri (1C514447)
Jurusan            : Psikologi

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS PSIKOLOGI

DEPOK
2017

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar belakang
Menurut Ellsworth.(1997), belajar ataupun bekerja pada bidang bidang yang diminati terlebih lagi didukung dengan bakat serta talenta yang sesuai, akan memberi semangat dalam  mempelajari atau menjalaninya. Tapi seringkali kita memilih suatu jurusan atau bidang studi karena mengikuti kehendak orang lain, atau memilih bidang yang sedang popular, tanpa sempat mencerna terlebih dahulu dan memahami bidang yang akan dipelajari. Akibatnya tidak pernah terpikirkan profesi apa yang akan dijalani setelah selesai sekolah ataupun lebih jauh lagi mengenali bidang pekerjaan seperti apa yang akan digelutinya sesuai dengan latar belakang pendidikannya tersebut. Mengembangkan bakat dan minat bertujuan agar seseorang belajar atau dikemudian hari mampu bekerja di bidang yang diminatinya dan sesuai dengan kemampuan serta bakat dan minat yang dimilikinya sehingga dapat dikembangkan kapabilitas untuk belajar serta bekerja secara optimal dengan penuh antusias.
Minat adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Untuk mengetahui minat seseorang, telah dikembangkan alat tes RMIB merupakan singkatan dari The Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) yang merupakan suatu tes yang disusun dengan tujuan untuk mengukur minat seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap suatu pekerjaan. Penelusuran tes bakat dan minat ini memadukan kemampuan intelektual atau keterampilan (skill) dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tes RMIB yang sudah ada merupakan tes manual yang masih menggunakan kertas.

                        B.     Pertanyaan Penelitian          
1.      Apa itu tes RMIB?
2.      Tujuan dan maafaat tes RMIB?
3.      Bagaimana rancangan program tes RMIB?

C.    Tujuan

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui tes RMIB beserta rancangan programnya, dan juga untuk mengetahui tujuan dan manfaat tes RMIB.

D.    Manfaat

1.      Manfaat Teoritis
Hasil rancangan program ini diharapkan dapat berguna bagi seluruh kalangan baik bagi akivitas akademik, mahasiswa, dan masyarakat umum serta memberikan masukan bagi ilmu psikologi untuk mengembangkan rancangan program tes RMIB.

2.      Manfaat Praktis
a.       Manfaat untuk subjek penelitian
Memberikan gambaran secara khusus mengenai program tes RMIB.
b.      Manfaat untuk penelitian selanjutnya
Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat mendorong rekan-rekan yang berkecimpung dalam bidang psikologi untuk melakukan pengembangan selanjutnya yang berkaitan dengan program tes RMIB.
c.       Manfaat penelitian untuk masyaratat luas
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada masyarakat agar dapat menambah informasi dan pengetahuan mengenai tes RMIB.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

   A.    Sejarah tes RMIB
Test inventori RMIB (Rothwell Miller Interest Blank), tidak hanya banyak digunakan untuk kepentingan asesmen mengenai kepribadian seseorang atau individu saja, namun juga digunakan untuk melihat minat dan juga bakat individu. salah satu test inventory yang secara khusus terfokus pada penilaian minat dan bakat individu ini adalah RMIB atau kependekan dari Rothwell Miller Interest Blank. Pada awalnya, test ini dikembangkan oleh Rothwell pada tahun 1947, lalu kemudian diperbaharui oleh Miller pada tahun 1950. Pada akhirnya, pembaruan test ini memberikan nama Rothwell Miller Interest Balnk sebagai sebuah test minat bakat yang sudah terstandarisasi.

   B.     Kegunaan tes RMIB
Tes inventori Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) digunakan untuk melihat minat dan juga bakat individu. Salah satu tes inventori yang secara khusus terfokus pada penilaian minat dan bakat individu. Konsep utama atau dasar teori dari RMIB ini adalah mengenai persepsi dan juga stereotip pada individu mengenai pekerjaan – pekerjaan tertentu. Dengan memanfaatkan stereotip ini, maka test RMIB mampu untuk mengungkapkan jenis pekerjaan dan juga minat dan bakat yang cocok bagi individu.

   C.    Tujuan tes RMIB
Tujuan tes ini untuk mengukur minat pekerjaan berdasarkan ide-ide strereotip terhadap seseuatu pekerjaan yang bersangkutan dan juga sikapnya terhadap jenis pekerjaan, bidang pekerjaan dalam masyarakat dan yang terpenting dari tujuan ini adalah untuk mengetahui bahwa konsep tersebut benar-benar seseorang mengenal suatu pekerjaan.

   D.    Kekurangan dan kelebihan tes RMIB
Kekurangan dari tes RMIB yaitu saat pengerjaan tes masih memakai kertas dan psikolog masih menghitung satu per satu individu dengan manual atau kakulator. Hal tersebut bisa diatasi dengan dibuatnya Sistem Informasi Penelusuran Minat Pekerjaan dengan Tes The Rothwell Miller Interest Blank (RMIB).
Dan kelebihannya ini sebuah sistem infomasi penelusuran minat pekerjaan dengan tes The Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) untuk mempermudah seseorang dalam mengembangkan bakat dan minat agar seseorang mampu bekerja di bidang yang diminatinya dan sesuai dengan kemampuan dan juga membantu seorang psikolog untuk dapat mengetahui hasil tes lebih cepat dibandingkan dengan metode terdahulu yang masih menggunakan hitung manual.

   E.     Karakteristik Tes RMIB
Terdapat beberapa karakteristik Tes RMIB, yaitu:
1.      Dapat dimasukkan ke dalam battery test
2.      Mudah dikerjakan
3.      Tugas pengisiann akan menimbuklan interest subjek pada pekerjaan
4.      Skoring cepat
5.      Lebih cocok diberikan pada orang dewasa
6.      Bias klasikal maupun individual

   F.     Skoring tes RMIB
Pada pengecekean pada skoring tes RMIB, skoring diharuskan memiliki total 702 untuk memastikan bahwa semua kategori dan jawaban tidak ada yang  terlewat. Berikut contoh skoring tes RMIB.



   G.    Jenis-Jenis Pekerjaan dalam Tes RMIB
Terdapat 12 jenis pekerjaan yang terdapat dalam tes RMIB, yaitu:
1.      Outdoor (OUT), merupakan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas di luar ruangan, atau aktivitas lapangan.
2.      Mechanical (ME), merupakan jenis pekerjaan yang menggunakan mesin, peralatan mekanik, dan juga peralatan-peralatan tambahan.
3.      Computational (COMP), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan angka, dan operasi hitungan (komputasi).
4.      Scientific (SCL), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan analisa, penyelidikan, penelitian, dan juga segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
5.      Personal Contact (PERS), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, hubungan interpersonal, diskusi, dan juga berhubungan dengan banyak orang.
6.      Aesthetic (AESTH), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan kesenian.
7.      Literary (LIT), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan buku, membaca, dan segala bentuk kegiatan literatur, seperti menulis, mengarang, dan sebagainya.
8.      Musical (MUS), Merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan musik, mulai dari memainkan alat musik, membuat musik, dan mendengarkan musik.
9.      Social Service (SOS), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan kehidupan sosial, pelayanan masyarakat. Seperti dokter dan psikolog, yang memabantu, menolong dan juga mendorong kehidupan sesama manusia.
10.  Clerical (CLER), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan tugas-tugas rutin yang membutuhkan ketelitian, sistematis, dan juga cenderung teratur.
11.  Practical (PRAC), merupakan pekerjaan yang sifatnya praktis, membutuhkan keahlian, dan keterampilan.
12.  Medical (MED), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan pengobatan, penyembuhan, dan juga perawatan secara medis

   H.    Penggunaan hasil interpretassi tes RMIB
Digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengarahkan atau memberi interview kepada individu, atau dapat pula dipergunakan sebagai bahan diskusi kelompok untuk mengembangkan suatu appresiasi terhadap kebutuhan akan adanya pekerjaan yang memuaskan. Disamping hal-hal diatas maka penggunaan utama dari interpretasi adalah untuk membantu individu menentukan interest utamanya yang kemudian diikuti dengan studi yang mendalam tentang pekerjaan yang terdapat didalam lingkungan interestnya. 


BAB III
LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBUATAN PROGRAM

            Aplikasi yang dibuat akan berupa alat tes psikologi yaitu RMIB (Rothwell Miller Interest Blank) yang digunakan untuk mengethaui minat dan bakat. Program ini akan dapat digunakan dan diakses pada perangkat komputer, laptop dan juga smartphone ataupun jenis gadget lainnya. Pada smartphone atau gadget lainnya, program ini dapat diakses oleh pengguna android dan juga iOS. Bagi pengguna android dapat diunduh di Play Store, sedangkan bagi pengguna iOS dapat mengunduh di App Store. Proram ini dapat juga diakses melalui browser yang tersedia. Program ini akan memiliki tampilan dan langkah-langkah sebagai berikut:
1.   Tampilan pertama pada saat masuk ke dalam program ini akan berupa nama alat tes dan fungsi dari alat tes ini. Untuk memulai masuk ke dalam program, klik tombol ”masuk”.
2.    Dalam program ini, sebelum tes dimulai, user diminta untuk memilih bahasa yang ingin digunakan, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan cara meng-klik salah satu bahasa yang diinginkan. Apabila telah selesai, klik tanda panah yang tersedia.
3.       Jika user memilih bahasa Indonesia maka tampilan akan ditampilkan dengan bahasa Indonesia dan apabila memilih bahasa Inggris maka tampilan akan ditampilkan dengan menggunakan bahasa Inggris.
4.      Pada contoh berikut, bahasa yang dipilih adalah bahasa Indonesia.
5.     Setelah pemilihan bahasa, tampilan akan masuk pada bagian pengisian identitas diri berupa nama, jenis kelamin, dan usia.
6.  Nama dan usia diisi dengan cara mengetiknya pada kotak yang telah disediakan. Apabila telah selesai, klik tanda panah yang tersedia.

7.      Kemudian setelah mengisi identitas diri, tampilan akan masuk pada bagian instruksi dari tes yang akan dilakukan.
8.           Instruksi sebelum tes ini dimulai berupa:
Setelah ini Anda akan menemui daftar dari berbagai macam pekerjaan yang tersusun dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merupakan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang Anda sukai, akan tetapi disini Anda diminta untuk memilih pekerjaan mana paling Anda sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan Anda terima atau apakah Anda akan berhasil dalam mengerjakannya.
Tugas Anda adalah mencamtumkan nomor atau angka di kotak kosong yang tersedia pada setiap pekerjaan yang terbagi pada kelompok-kelompok. Penomoran dimulai dari nomor 1 untuk pekerjaan yang paling Anda sukai dan seterusnya hingga sampai ke nomer 12 untuk pekejaan yang paling Anda tidak disukai. Jangan ada yang terlewatkan.
Untuk wanita pekerjaan yang dipilih tersedia pada bagian kanan kotak kosong, sedangkan untuk pria, pekerjaan yang dipilih terletak pada bagian kiri kotak kosong.”
9.  Bila sudah mengerti instruksi yang diberikan, untuk memulai tes RMIB, user dapat meng-klik tombol “mulai” yang tersedia.

10.   Apabila sudah meng-klik tanda ”mulai” maka tampilan akan masuk pada tampilan tes RMIB dan tes sudah dimulai.
11.  User dapat menuliskan nomor dengan menggunakan keyboard.
12.  Dalam setiap tampilan akan terdapat 2 kelompok pekerjaan. Akan terdapat 4 kali pergantian tampilan. Untuk melanjutkan ke tampilan atau kelompok pekerjaan selanjutnya, user dapat meng-klik tanda panah yang tersedia.

13.   Apabila tes telah selesai dikerjakan, user dapat meng-klik tombol “selesai” yang tersedia.

14.  Apabila user telah selesai mengerjakan, dan telah meng-klik tombol “selesai”, akan keluar tampilan “mohon menunggu beberapa saat” sampai hasil dari tes tersebut keluar. Pada saat tampilan ini muncul, hasil tes sedang diproses.

15.    Setelah selesai, akan keluar hasil tes yang bertuliskan 3 kategori pekerjaan yang sesuai dengan user beserta penjelasan mengenai kategori pekerjaan tersebut.
16.    Bila hasil tes telah diketahui, klik tombol “home” pada layar, maka tampilan akan berubah ke tampilan awal (home).


DAFTAR PUSTAKA

Ellsworth.(1997). Pemasaran di Internet,    

     edisi revisi terjemahan. Yulianto.    

     Grasindo:Jakarta.

 

Indrawanti, S. W. Tes Psikologi (Tes  

     RMIB). Bandung: FIP UPI 

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195010101980022-SITI_WURYAN_INDRAWATI/TES_RMIB.pdf(diakses pada senin, 6 desember 2017, pukul 07.00 WIB).

 

Admin. 2016. Tes inventori minat dan 

     bakat RMIB (Rothwell Miller Interest 

     Blank). 

http://www.psikoma.com/test-inventory-minat-dan-bakat-rmib-rothwell-miller-interest-blank-2/(diakses pada senin, 6 desember 2017, pukul 07.00 WIB).

 

https://imgv22f.scribdassets.com/img/document/252843457/original/02e5d55fd5/1509128058(diakses pada senin, 6 desember 2017, pukul 07.00 WIB).



1 comment: