Fromm adalah ahli teori pertama yang dibicarakan sampai
sekarang yang menyamakan kesehatan psikologi dan kesehatan mental dengan
kebahagiaan. Kebahagiaan merupakan suatu bagian integral dari kepribadian
sehat, bukan suatu hasil sampingan yang terjadi kebetulan. Kebahagiaan
merupakan hasil dari kehidupan produktif dan membantu serta memajukan juga
tingkat-tingkat produktifitas yang lebih tinggi. Kebahagiaan sungguh-sungguh
merupakan suatu bagian dari kehidupan sehat sehingga dapat diambil sebagai
bukti dari tingkat kesehatan psikologis yang telah dicapai seseorang. Fromm
mengembangkan dan memperhalus teorinya sendiri tentang kepribadian. Sistemnya
menggambarkan kepribadian sebagai yang ditentukan oleh kekuatan-kekuatan sosial
yang mempengaruhi individu dalam masa kanak-kanak dan juga kekuatan-kekuatan
historis yang telah mempengaruhi perkembangan spesies manusia.
Kepribadian yang Sehat Menurut Fromm
Kepribadian sehat menurut Erich fromm adalah penyesuaian
diri seseorang dalam masyarakat merupakan kompromi antara kebutuhan-kebutuahn
batin dan tuntutan dari luar dan seseorang menerapkan kerakter sosial untuk
memenuhi harapan masyarakat kepribadian sehat juga adanya keinginan untuk
mencintai dan di cintai.
Fromm telah memberikan suatu gambaran jelas tentang
kepribadian yang sehat, yaitu:
- Orang yang demikian mencintai sepenuhnya,
- Kreatif,
- Memiliki kemampuan-kemampuan pikiran yang sangat
berkembang,
- Mengamati dunia dan diri secara objektif,
- Memiliki suatu perasaan identitas yang kuat,
- Berhubungan dengan dan berakar didunia,
- Subjek atau pelaku dari diri dan nasib, dan
- Bebas dari ikatan-ikatan sumbang.
Selain itu juga ia menyebut kepribadian yang sehat yaitu :
orientasi produktif, yakni suatu konsep yang serupa dengan kepribadian yang
matang dan orang yang mengaktualisasikan diri. Dengan menggunakan kata
“orientasi”, Fromm menunjukan bahwa kata itu merupakan suatu sikap umum yang
meliputi semua segi kehidupan, respons intelektual, emosional, dan sensoris
terhadap orang-orang, benda-benda, dan peristiwa-peristiwa, di dunia dan juga
terhadap diri. Fromm melihat kepribadian hanya sebagai suatu produk kebudayaan.
Karena itu dia percaya bahwa kesehatan jiwa harus didefinisikan menurut bagaimana
baiknya masyarakat menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan dasar semua
individu, bukan menurut bagaimana baiknya individu-individu menyesuaikan diri
dengan masyarakat.
Kesehatan psikologis dan mental tidak begitu banyak
merupakan usaha individu jika dibandingkan dengan usaha masyarakat. Faktornya
ialah bagaimana suatu masyarakat memuaskan secukupnya kebutuhan-kebutuhan
manusia. Suatu masyarakat yang sehat membiarkan anggota-anggotanya
mengembangkan cinta satu sama lain, menjadi produktif, dan kreatif. Mempertajam
dan memperhalus tenaga pikiran dan objektivitas timbulnya individu-individu
yang berfungsi sepenuhnya.
Fromm percaya bahwa kita semua memiliki suatu perjuangan
yang melekat pada diri kita untuk kesehatan dan kesejahteraan emosional, suatu
kecenderungan bawaan untuk kehidupan yang produktif, untuk keharmonisan dan
cinta. Kesehatan jiwa dan mental pada kopdrat masyarakat berarti mengemukakan
definisinya sendiri tentang kesehatan jiwa ini dapat berbeda-beda sesuai dengan
waktu dan tempat yang berbeda. Seperti contoh tingkah laku dianggap tepat atau
sehat kalau menabung dan menimbun. Perkembangan dari kepribadian sehat
historisnya, Fromm melukiskan hakikat keadaan manusia sebagai kesepian dan
ketidakberartian. Fromm berbicara tentang pembagian eksistensi dan pembagian
dalam kodrat manusia sebagai akibat dari evolusi kita dari binatang-binatang
yang lebih rendah suatu proses yang membiarkan kita menjadi sungguh-sungguh
tetapi mengorbankan rasa aman dan rasa memiliki. Menurut Fromm kita adalah
makhluk yang unik dan kesepian. Tidak seperti tingkah laku binatang, tingkah
laku kita terikat pada mekanisme instinktif. Fromm percaya bahwa kerekatan
antara kebebasan dan keamanan ini terulang dalam sejarah spesies manusia, dan
juga dalam perkembangan setiap manusia.
Dalam setiap sejarah yang berturut-turut karena manusia
semakin bebas dari tekanan sosial dan agama yang kaku jurang antara kebebasan
dan keamanan menjadi lebih lebar. Masalah dasar yang menantang kita semua
adalah menemukan suatu pemecahan terhadap dikotomi-dikotomi dalam eksistensi
kita dan menemukan bentuk-bentuk baru kesatuan dengan alam dengan orang-orang
lain, dan diri sendiri. Seluruh eksistensi manusia ditentukan oleh pilihan yang
tak terelakan antara “ regresi dan progresi”. Sebagai organisme yang hidup kita
didorong untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan fisiologis dasar akan kelaparan,
kehausan, dan seks yang mendoronhg semua. Kita lebih fleksibel dalam memuaskan
kebutuhan ini, kebutuhan tersebut juga tidak berbeda antara diri kita yang
lebih rendah. Semua manusia sehat dan didorong oleh kebutuhan-kebutuhan
tersebut.
Orang yang mempunyai kepribadian sehat dapat memuaskan
kebutuhan psikologisnya secara kreatif dan produktif. Sedangkan orang yang
sakit dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhannya dengan cara irasional. Fromm
mengemukakan lima kebutuhan antara lain :
1. Hubungan
2. Transedensi
3. Berakar
4. Perasaan identitas
5. Kerangka orientasi.
Kita telah membicarakan cara-cara yang sehat dari pemuasan
lima kebutuhan dalam teorinya. Teori ini memberikan kita suatu ide tentang
kodrat kepribadian yang sehat. Dan cara yang sehat untuk memuaskan kebutuhanini
ialah individualitas proses dimana seseorang mencapai suatu perasaan tertentu.
Sejauh mana masing-masing mengalami suatu perasaan yang unik tentang diri
tergantung pada bagaimana kita berhasil memutuskan ikatan-ikatan sumbang dengan
keluarga,suku, atau bangsa kita.
Pengertian Dasar Teori Dari Fromm
Teori Erich fromm adalah teori yang menggunakan pendekatan
sosial psikologis dimana pemusatan perhatianya pada penguraian cara-cara dimana
struktur dan dinamika masyarakat tertentu telah membentuk para anggotanya
sehingga karakter tiap anggota tersebut sesuai dengan hasil yang ada pada
masyarakat. Fromm mengembangkan teorinya bahwa manusia menjadi semakin bebas
dari abad ke abad maka mereka juga makin merasa kesepian. Jadi kebebasan
menjadi keadaan yang negative dari mana manusia melarikan diri.
Pengertian kepribadian sehat dan produktifitas benar-benar
menghasilkan sesuatu dan merupakan hasil yang sangat penting dari orang yakni
diri :
- Dengan orang-orang yang sehat menciptakan diri mereka dengan melahirkan semua potensi,
- Dengan menjadi semua menurut kesanggupan mereka,
- Dengan memenuhi semua kapasitas mereka.
Dan ada empat segi kepribadian yang sehat dapat membantu
menjelaskan apa yang dimaksut Fromm dengan orientasi produktif. Keempat segi
itu adalah :
- Cinta yang produktif : Suatu hubungan manusia yang bebas dan sederajat dimana partner dapat mempertahankan individualitas mereka.
- Pikiran yang produktif : Meliputi kecerdasan, pertimbangan, dan objektivitas.
- Kebahagiaan : Merupakan suatu bagian integral dan hasil kehidupan yang berkenaan dengan orientasi produktif, kebahagiaan itu menyertai seluruh kegiatan produktif.
- Suara Hati otoriter : Penguasa dari luar yang diinternalisasikan yang memimpin tingkah laku orang itu. Suara Hati Humanistik : Suara dari diri dan bukan dari suatu perantara dari luar.
Untuk memahami bagaimana hal ini terjadi kita harus
membicarakan alternative lain yang dikemukakan oleh Fromm yakni :
- Orientasi reseptif. Contoh: kebudayaan budak dimana budak-budak hanya dapat bertindak secara reseptif dan pasif terhadap tuannya.
- Orientasi eksploitatif. Contoh: masyarakat totaliter atau fasis suatu lingkungan dimana pemimpin pemimpin yang kuat dan bersifat menguasai memerintah dengan kekerasan.
- Orientasi penimbunan. Contoh: masyarakat yang membantu perkembangan tata susila penghematan dari orang protesan inggris yang fanatic dan dimana kerja keras serta penghematan merepakan keutamaan, mengembangkan orientasi ini.
- Orientasi pemasaran. Contoh: kualitas-kualitas iuran senyum, ramah, kelihatan sebagai orang-orang baik, tertawa atas lelucon lebih penting daripada kualitas dalam.
Fromm tidak menguraikan tingkah laku yang khusus dari orang
tua yang bertanggung jawab terhadap timbulnya mekanisme pelarian diri ini.
Tetapi ia menunjukan dengan jelas pentingnya cara orang tua memperlakukan anak
untuk kesehatan psikologis & mental khususnya selama 5 thn pertama
kehidupan. Interpretasi Fromm tentang sumber dari kepribadian sehat menekankan
pengaruh yang kuat dari kekuatan sosial, ekonomi, dan politik pada individu.
Pada peranan sosial dalam membentuk kepribadian ditunjang oleh bacaan tentang
sejarah dan pengalaman pribadi kita.
Pendirian Fromm memberikan harapan kepada kita semua.
Perjuangan bawaan untuk kesehatan mental yang sangat kuat. Tentu kekuatan
mental yang menghambat produktivitas membuktikan bahwa timbulnya gangguan
emosional dalam zaman kita meningkatkan tetapi kesehatan, dan cinta
kadang-kadang menang atas perlawanan yang keras tsb. Kepribadian produktif dari
Fromm seperti berpijak dengan kuat pada kenyataan. Orang yang sehat mengamati
dunia secara objektif, tidak seperti orang yang berfungsi sepenuhnya. Orang
yang produktif tidak hidup dalam dunia subjektif buatan mereka sendiri tetapi
berada dalam dan dari dunia yang nyata. Keputusan diambil dan dipilihan
diadakan bukan nanya karena dirasa baik tetapi karena tampaknya secara logis
tepat dan benar.
Kepribadian sehat Fromm yang saya rasa menarik adalah
perjuangan kita untuk mengembangkan dan memenuhi semua kemampuan kita. Orang
sehat dan produktif yg kuat dan sepenuhnya menggunakan,merentangkan
memperpanjangkan, dan mengembangkan kualitas yang unik. Saya melihat perasaan
untuk mengontrol dan menguasai diri sendiri dan nasib sendiri. Fromm menegaskan
sekali lagi petunjuk ini dalam suatu kerangka observasi-observasi psikoanalitis
tentang individu dan interpretasi sendiri tentang sejarah manusia. Jadi,
kepribadian yang sehat dan produktif memimpin dan mengatur diri sendiri.
Ciri-Ciri Kepribadian Sehat
- Cinta yang produktif cinta yang produktif menyangkut empat sifat yang menantang perhatian, tanggung jawab, respek dan pengetahuan. Mencintai orang-orang lain berarti memperhatikan (dalam pengertian memelihara mereka), sungguh-sungguh memperhatikan kesejahteraan mereka, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka.
- Pikiran yang produktif Pikiran yang produktif meliputi kecerdasan, pertimbangan, dan objektivitas. Pemikir produktif didorong oleh perhatian yang kuat terhadap objek pikiran. Pemikir yang produktif dipengaruhi olehnya dan memperhatikannya. Fromm percaya bahwa semua penemuan dan wawasan yang hebat melibatkan pikiran objektif, dimana pemikir-pemikir didorong oleh ketelitian, dan perhatian untuk menilai secara objektif seluruh masalah.
- Kebahagiaan Kebahagiaan merupakan prestasi yang paling hebat.
- Suara hati Fromm membedakan dua tipe suara hati otoriter dan suara hati humanistis.
Sumber:
Schultz D.Psikologi Pertumbuhan.Model-model Kepribadian
Sehat. Yogyakarta: Kanikus , 1991.
Drs.Sumandi Suryabrata. Psikologi Kepribadian. Jakarta :
Rajawali Pers, 1982
Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey. Psikologi Kepribadian 1
, Yogyakarta : Kanisius, 1993.
Suryabrata, S. (2003). Psikologi Kepribadian. Jakarta : PT
RajaGrafindo Persada.
No comments:
Post a Comment