Ketika Anda memasuki dunia kerja dan lingkungan kerja baru,
ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tentu saja ini terkait erat dengan
penyesuaian diri Anda pada lingkungan baru. Akan menjadi masalah jika Anda
tidak mampu segera menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang baru. Ketika
proses penyesuaian diri tidak berjalan dengan baik, maka akan sangat mengganggu
kinerja Anda di tempat kerja baru Anda.
Dalam proses penyesuaian diri ini, ada beberapa hal yang
sangat krusial dan perlu Anda ketahui. Ini lebih kepada bagaimana Anda menjalin
sebuah komunikasi yang intens namun tidak berlebihan, sehingga akan membawa
Anda ke dalam keadaan yang nyaman dan menikmati proses itu. Perhatikan beberapa
poin di bawah ini:
- Jangan Mengisolasi Diri di Lingkungan Kerja Baru
Sebagai seorang yang masih baru di lingkungan kerja, tidak
ada cara yang lebih bagus dalam menjalin komunikasi kecuali dengan rajin
bersosialisasi. Jangan menjadi orang yang mengisolasi diri meski Anda masih
baru. Misalnya Anda terlalu pendiam, ini sangat tidak bagus.
Dalam bekerja, tentu saja Anda tidak akan bisa menjalankan
semuanya sendiri. Karena dalam sebuah lingkungan kerja baru, pasti ada
keterhubungan antara pekerjaan satu dengan pekerjaan lainnya. Kerjasama
sangatlah penting di sini, bagaimana mau bekerjasama dengan baik jika Anda
sendiri kurang bersosialisasi dengan teman kerja Anda. Mungkin ada sedikit rasa
kikuk karena masih baru, namun jangan sampai rasa itu mengganggu
profesionalitas kerja Anda.
- Berinteraksilah Sewajarnya
Ini sebenarnya adalah kebalikan poin pertama. Menjadi orang
pendiam memang buruk, namun menjadi orang yang terlalu agresif pada rekan kerja
bisa memperburuk suasana. Artinya sebagai seorang yang masih baru di lingkungan
kerja, Anda tidak perlu juga sok kenal dan sok akrab pada rekan kerja. Apalagi
jika Anda berlagak seperti ingin membuat suasana asik, atau mencoba melucu,
padahal Anda masih belum genap seminggu di tempat kerja baru.
Jika Anda terlalu aktif seperti itu, maka rekan kerja yang
lain akan menganggap Anda seperti orang yang ingin mencari perhatian. Dan,
suasana seperti ini sangat tidak baik untuk Anda sebagai seorang karyawan yang
masih baru di lingkungan kerja.
- Lebih Baik Bertanya Jika Tidak Tahu
Kadang, ada beberapa orang yang demi untuk bisa mendekat
dengan orang lain mereka menjadi seorang yang sok mengetahui segala hal.
Padahal ini sangat buruk, di manapun ligkungannya, sok tahu bukanlah sesuatu
yang positif, apalagi dalam lingkungan kerja baru. Lebih baik diam dari pada
menjadi orang yang sok tahu, selain berakibat buruk pada penilaian sikap Anda,
juga akan buruk pada pekerjaan Anda sendiri.
Sebagai seorang yang baru, tentu Anda belum mengetahui
segala hal terkait pekerjaan. Terkait pekerjaan sangatlah penting, jangan asal
melakukan pekerjaan yang Anda tidak mengetahuinya. Lebih baik tanyakan atau
konsultasikan dulu jika Anda tidak jelas atau kurang memahami pekerjaan Anda.
- Jangan Lupa Mencatat, Jangan Mengandalkan Ingatan Saja
Ini berhubungan erat dengan job desk pekerjaan Anda sendiri,
jika mungkin ada beberapa hal yang belum Anda pahami kemudian Anda tanyakan
pada senior, maka catatlah. Jangan hanya mengandalkan ingatan saja, karena jika
Anda sedang fokus pada hal lain maka kemungkinan lupa akan sangat tinggi.
Mungkin Anda bisa bertanya pada senior atau atasan lagi jika
Anda lupa, namun perlu Anda sadari bahwa bertanya berulang-ulang pada masalah
yang sama, hanya akan membuat senior dan atasan jengkel. Hal itu sebenarnya
menunjukkan bahwa Anda kurang fokus dan tidak profesional terhadap pekerjaan
Anda. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mendapat penilaian buruk baik dari
senior maupun dari atasan.
- Fokus Pada Pekerjaan Saja Dulu, Jangan Pada Hal Lain
Sebagai seorang yang masih baru, hendaknya tidak usah
berpikir pada hal lain terlebih dahulu. Fokus saja pada pekerjaan agar Anda
bisa memaksimalkan job desk yang diberikan perusahaan pada Anda.
Promosi mungkin sangat Anda butuhkan suatu saat nanti, namun
untuk saat ini sebaiknya jangan dipikirkan dulu, lebih baik maksimalkan kerja
Anda. Dengan bekerja dengan maksimal, promosi karir Anda tentu akan datang
dengan sendirinya kepada Anda.
B. Waktu Luang
Waktu luang mungkin terjadi pada perubahan gaya hidup,
perubahan karier, pensiun, memiliki anak, meninggalkan rumah, atau lulus dari
sekolah ataupun perguruan tinggi. Anda mungkin mencari cara untuk membuat waktu
luang anda lebih baik dari menggunakan waktu luang yang Anda miliki karena
sudah terlepas di antara hal-hal yang Anda lakukan dalam kesibukan Anda
sebelumnya.
Menggunakan waktu luang secara produktif dapat membantu Anda
untuk mengatasi ketidakmampuan untuk dapat bersantai-santai karena "untuk
melakukan sesuatu" menggunakan waktu luang dengan cara yang terasa lebih
bermanfaat bagi Anda akan memastikan bahwa Anda akan merasa lebih baik,
terlibat penuh dalam kehidupan. Pada artikel ini cara terindah akan sharing
dengan anda kiat memiliki kesempatan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengisi
waktu luang Anda dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan dijalankan secara
powerfull.
- Buat rencana untuk mengisi waktu luang
Jangan Anda berpikir dalam hal apa yang Anda pikir harus
lakukan, tetapi apa yang Anda tahu akan membuat Anda merasa lebih produktif,
terlibat dan puas dalam hidup. Berikut adalah beberapa cara perencanaan mungkin
bagi Anda:
- Tuliskan daftar hal-hal yang Anda ingin lakukan dalam waktu luang Anda. Anda dapat melakukan cara apapun yang Anda suka, atau memperlakukan semuanya jika itu sama-sama penting, karena itu terserah Anda.
- Membuat jurnal tentang kehidupan Anda dan mencakup bagaimana Anda ingin menjadi lebih hidup.
- Pastikan untuk menggambarkan aktivitas. Anda sedang mencoba di waktu luang Anda sehingga Anda bisa mengevaluasi mana yang layak dilakukan atau tidak.
- Buat papan visualisasi yang menetapkan cara-cara di mana Anda ingin menghabiskan waktu luang di masa depan.
- Tinggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat
Jika Anda ingin merasakan waktu luang Anda benar-benar
berguna, maka anda harus memasukan hal-hal berguna tidak luput dari semangat
didalamnya. Alasan untuk ini adalah bahwa waktu luang Anda diperlukan untuk
menyegarkan Anda dan meningkatkan energi Anda, kreativitas Anda, dan rasa
percaya diri Anda. Jika membiarkan kegiatan duniawi biasa di kehidupan
sehari-hari menyusup ke waktu luang Anda dengan dalih semoga menjadi
"berguna", Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari waktu luang Anda
dan Anda akan memiliki batasan yang sangat longgar antara waktu bebas dan sisa
waktu Anda, sehingga bisa mendevaluasi waktu luang Anda.
- Memperluas zona kenyamanan
Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan dan menggunakan
waktu luang menjadi berguna adalah menemukan hal-hal baru. menemukan sesuatu
yang dirasa bahwa Anda memiliki dimensi kepada diri sendiri yang bahkan anda
tidak menyadari sebelumnya. Dengan melangkah diluar zona kenyamanan waktu luang
Anda menjadi perjalanan yang berguna, membantu Anda untuk tumbuh dan penemuan
diri. Selain itu juga dapat membantu Anda untuk tetap tertarik dengan memicu
rasa ingin tahu Anda, dan memperluas kesadaran Anda. Beberapa hal yang mungkin
dipertimbangkan untuk melakukan ini meliputi:
- Mencoba hal-hal baru
- Melakukan yang Anda suka pada masa lampau
- Menikmati tantangan yang terlibat dalam memperbarui minat Anda
- Tuliskan sesuatu yang merangsang dan berenergi
- Carilah kegiatan dan pengalaman yang akan membawa Anda
- Ubah pendeketan untuk penggunaan media
Matikan TV, radio atau semacamnya dan biarkan keluar dari
waktu luang Anda. Pikirkan cara-cara kreatif untuk menggantikan media diwaktu
luang Anda. Internet memungkinkan untuk bertanggung jawab atas masukan yang
beredar melalui media, menyediakan Anda dengan kesempatan untuk mengubah waktu
luang Anda menjadi sarana untuk menjadi kreatif, pesan praktis, atau informatif
yang mungkin Anda ingin berbagi dengan dunia. Atau mungkin Anda dapat menulis
beberapa puisi atau cerita pendek dan menambahkannya keblog dengan orang yang
sedang berseluncur didunia maya. Ini berguna untuk waktu luang, Anda akan
menggali kreativitas Anda dan memberi orang lain sesuatu yang mereka dapat
menghargai atau belajar dan menikmati dari sebagian hasilnya.
- Sukarela bersosialisasi
Jika Anda memiliki cukup waktu luang untuk memberikan waktu
kepada orang lain yang membutuhkan, kenapa tidak? ini bisa menjadi cara yang
sangat memenuhi untuk memberikan kembali kepada publik atau masyarakat dan
bahkan lebih baik, Anda bisa memilih menjadi relawan apa sesuai dengan apa yang
Anda harapkan dan percaya, dan apa yang Anda anggap paling penting. Reputasi
melalui relawan menjadi pengalaman yang sangat memuaskan yang membantu banyak
orang lain. Beberapa ide untuk bersosialisasi mencakup pekerjaan badan amal,
misalnya saja bergotong royong, pekerjaan hewan (penyelamatan hewan atau
pelatihan) dan sebagainya. kegiatan ini dapat memberikan diri Anda beberapa
variasi baik dalam pengalaman dan orang yang Anda temui.
- Pertimbangkan reorientasi gaya hidup
Jika menemukan waktu luang Anda telah terhambat karena harus
berurusan dengan rumah besar (pekerjaan rumah tangga). Mungkin anda perlu
bergerak lebih dekat ketempat dimana ada banyak kegiatan yang Anda lebih suka
melakukannya dan yang tidak ditawarkan pada umumnya. Hindari melihat
perampingan karena merampas diri Anda dari suatu standar tertentu. Setelah Anda
membebaskan diri dari kebutuhan tertentu Anda akan segera belajar bahwa waktu
Anda akan terasa lebih bernilai.
Sumber:
No comments:
Post a Comment