Saturday, May 14, 2016

PEKERJAAN DAN WAKTU LUANG

A. Penyesuaian Diri dalam Pekerjaan

Ketika Anda memasuki dunia kerja dan lingkungan kerja baru, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tentu saja ini terkait erat dengan penyesuaian diri Anda pada lingkungan baru. Akan menjadi masalah jika Anda tidak mampu segera menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang baru. Ketika proses penyesuaian diri tidak berjalan dengan baik, maka akan sangat mengganggu kinerja Anda di tempat kerja baru Anda.

Dalam proses penyesuaian diri ini, ada beberapa hal yang sangat krusial dan perlu Anda ketahui. Ini lebih kepada bagaimana Anda menjalin sebuah komunikasi yang intens namun tidak berlebihan, sehingga akan membawa Anda ke dalam keadaan yang nyaman dan menikmati proses itu. Perhatikan beberapa poin di bawah ini:

  • Jangan Mengisolasi Diri di Lingkungan Kerja Baru

Sebagai seorang yang masih baru di lingkungan kerja, tidak ada cara yang lebih bagus dalam menjalin komunikasi kecuali dengan rajin bersosialisasi. Jangan menjadi orang yang mengisolasi diri meski Anda masih baru. Misalnya Anda terlalu pendiam, ini sangat tidak bagus.

Dalam bekerja, tentu saja Anda tidak akan bisa menjalankan semuanya sendiri. Karena dalam sebuah lingkungan kerja baru, pasti ada keterhubungan antara pekerjaan satu dengan pekerjaan lainnya. Kerjasama sangatlah penting di sini, bagaimana mau bekerjasama dengan baik jika Anda sendiri kurang bersosialisasi dengan teman kerja Anda. Mungkin ada sedikit rasa kikuk karena masih baru, namun jangan sampai rasa itu mengganggu profesionalitas kerja Anda.

  • Berinteraksilah Sewajarnya

Ini sebenarnya adalah kebalikan poin pertama. Menjadi orang pendiam memang buruk, namun menjadi orang yang terlalu agresif pada rekan kerja bisa memperburuk suasana. Artinya sebagai seorang yang masih baru di lingkungan kerja, Anda tidak perlu juga sok kenal dan sok akrab pada rekan kerja. Apalagi jika Anda berlagak seperti ingin membuat suasana asik, atau mencoba melucu, padahal Anda masih belum genap seminggu di tempat kerja baru.

Jika Anda terlalu aktif seperti itu, maka rekan kerja yang lain akan menganggap Anda seperti orang yang ingin mencari perhatian. Dan, suasana seperti ini sangat tidak baik untuk Anda sebagai seorang karyawan yang masih baru di lingkungan kerja.

  • Lebih Baik Bertanya Jika Tidak Tahu

Kadang, ada beberapa orang yang demi untuk bisa mendekat dengan orang lain mereka menjadi seorang yang sok mengetahui segala hal. Padahal ini sangat buruk, di manapun ligkungannya, sok tahu bukanlah sesuatu yang positif, apalagi dalam lingkungan kerja baru. Lebih baik diam dari pada menjadi orang yang sok tahu, selain berakibat buruk pada penilaian sikap Anda, juga akan buruk pada pekerjaan Anda sendiri.

Sebagai seorang yang baru, tentu Anda belum mengetahui segala hal terkait pekerjaan. Terkait pekerjaan sangatlah penting, jangan asal melakukan pekerjaan yang Anda tidak mengetahuinya. Lebih baik tanyakan atau konsultasikan dulu jika Anda tidak jelas atau kurang memahami pekerjaan Anda.

  • Jangan Lupa Mencatat, Jangan Mengandalkan Ingatan Saja

Ini berhubungan erat dengan job desk pekerjaan Anda sendiri, jika mungkin ada beberapa hal yang belum Anda pahami kemudian Anda tanyakan pada senior, maka catatlah. Jangan hanya mengandalkan ingatan saja, karena jika Anda sedang fokus pada hal lain maka kemungkinan lupa akan sangat tinggi.

Mungkin Anda bisa bertanya pada senior atau atasan lagi jika Anda lupa, namun perlu Anda sadari bahwa bertanya berulang-ulang pada masalah yang sama, hanya akan membuat senior dan atasan jengkel. Hal itu sebenarnya menunjukkan bahwa Anda kurang fokus dan tidak profesional terhadap pekerjaan Anda. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mendapat penilaian buruk baik dari senior maupun dari atasan.

  • Fokus Pada Pekerjaan Saja Dulu, Jangan Pada Hal Lain

Sebagai seorang yang masih baru, hendaknya tidak usah berpikir pada hal lain terlebih dahulu. Fokus saja pada pekerjaan agar Anda bisa memaksimalkan job desk yang diberikan perusahaan pada Anda.


Promosi mungkin sangat Anda butuhkan suatu saat nanti, namun untuk saat ini sebaiknya jangan dipikirkan dulu, lebih baik maksimalkan kerja Anda. Dengan bekerja dengan maksimal, promosi karir Anda tentu akan datang dengan sendirinya kepada Anda.

B. Waktu Luang

Waktu luang mungkin terjadi pada perubahan gaya hidup, perubahan karier, pensiun, memiliki anak, meninggalkan rumah, atau lulus dari sekolah ataupun perguruan tinggi. Anda mungkin mencari cara untuk membuat waktu luang anda lebih baik dari menggunakan waktu luang yang Anda miliki karena sudah terlepas di antara hal-hal yang Anda lakukan dalam kesibukan Anda sebelumnya.

Menggunakan waktu luang secara produktif dapat membantu Anda untuk mengatasi ketidakmampuan untuk dapat bersantai-santai karena "untuk melakukan sesuatu" menggunakan waktu luang dengan cara yang terasa lebih bermanfaat bagi Anda akan memastikan bahwa Anda akan merasa lebih baik, terlibat penuh dalam kehidupan. Pada artikel ini cara terindah akan sharing dengan anda kiat memiliki kesempatan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan dijalankan secara powerfull.

  • Buat rencana untuk mengisi waktu luang

Jangan Anda berpikir dalam hal apa yang Anda pikir harus lakukan, tetapi apa yang Anda tahu akan membuat Anda merasa lebih produktif, terlibat dan puas dalam hidup. Berikut adalah beberapa cara perencanaan mungkin bagi Anda:

  1. Tuliskan daftar hal-hal yang Anda ingin lakukan dalam waktu luang Anda. Anda dapat melakukan cara apapun yang Anda suka, atau memperlakukan semuanya jika itu sama-sama penting, karena itu terserah Anda.
  2. Membuat jurnal tentang kehidupan Anda dan mencakup bagaimana Anda ingin menjadi lebih hidup.
  3. Pastikan untuk menggambarkan aktivitas. Anda sedang mencoba di waktu luang Anda sehingga Anda bisa mengevaluasi mana yang layak dilakukan atau tidak.
  4. Buat papan visualisasi yang menetapkan cara-cara di mana Anda ingin menghabiskan waktu luang di masa depan.

  • Tinggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat

Jika Anda ingin merasakan waktu luang Anda benar-benar berguna, maka anda harus memasukan hal-hal berguna tidak luput dari semangat didalamnya. Alasan untuk ini adalah bahwa waktu luang Anda diperlukan untuk menyegarkan Anda dan meningkatkan energi Anda, kreativitas Anda, dan rasa percaya diri Anda. Jika membiarkan kegiatan duniawi biasa di kehidupan sehari-hari menyusup ke waktu luang Anda dengan dalih semoga menjadi "berguna", Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari waktu luang Anda dan Anda akan memiliki batasan yang sangat longgar antara waktu bebas dan sisa waktu Anda, sehingga bisa mendevaluasi waktu luang Anda.

  • Memperluas zona kenyamanan

Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan dan menggunakan waktu luang menjadi berguna adalah menemukan hal-hal baru. menemukan sesuatu yang dirasa bahwa Anda memiliki dimensi kepada diri sendiri yang bahkan anda tidak menyadari sebelumnya. Dengan melangkah diluar zona kenyamanan waktu luang Anda menjadi perjalanan yang berguna, membantu Anda untuk tumbuh dan penemuan diri. Selain itu juga dapat membantu Anda untuk tetap tertarik dengan memicu rasa ingin tahu Anda, dan memperluas kesadaran Anda. Beberapa hal yang mungkin dipertimbangkan untuk melakukan ini meliputi:
  1. Mencoba hal-hal baru
  2. Melakukan yang Anda suka pada masa lampau
  3. Menikmati tantangan yang terlibat dalam memperbarui minat Anda
  4. Tuliskan sesuatu yang merangsang dan berenergi
  5. Carilah kegiatan dan pengalaman yang akan membawa Anda

  • Ubah pendeketan untuk penggunaan media

Matikan TV, radio atau semacamnya dan biarkan keluar dari waktu luang Anda. Pikirkan cara-cara kreatif untuk menggantikan media diwaktu luang Anda. Internet memungkinkan untuk bertanggung jawab atas masukan yang beredar melalui media, menyediakan Anda dengan kesempatan untuk mengubah waktu luang Anda menjadi sarana untuk menjadi kreatif, pesan praktis, atau informatif yang mungkin Anda ingin berbagi dengan dunia. Atau mungkin Anda dapat menulis beberapa puisi atau cerita pendek dan menambahkannya keblog dengan orang yang sedang berseluncur didunia maya. Ini berguna untuk waktu luang, Anda akan menggali kreativitas Anda dan memberi orang lain sesuatu yang mereka dapat menghargai atau belajar dan menikmati dari sebagian hasilnya.

  • Sukarela bersosialisasi

Jika Anda memiliki cukup waktu luang untuk memberikan waktu kepada orang lain yang membutuhkan, kenapa tidak? ini bisa menjadi cara yang sangat memenuhi untuk memberikan kembali kepada publik atau masyarakat dan bahkan lebih baik, Anda bisa memilih menjadi relawan apa sesuai dengan apa yang Anda harapkan dan percaya, dan apa yang Anda anggap paling penting. Reputasi melalui relawan menjadi pengalaman yang sangat memuaskan yang membantu banyak orang lain. Beberapa ide untuk bersosialisasi mencakup pekerjaan badan amal, misalnya saja bergotong royong, pekerjaan hewan (penyelamatan hewan atau pelatihan) dan sebagainya. kegiatan ini dapat memberikan diri Anda beberapa variasi baik dalam pengalaman dan orang yang Anda temui.

  • Pertimbangkan reorientasi gaya hidup

Jika menemukan waktu luang Anda telah terhambat karena harus berurusan dengan rumah besar (pekerjaan rumah tangga). Mungkin anda perlu bergerak lebih dekat ketempat dimana ada banyak kegiatan yang Anda lebih suka melakukannya dan yang tidak ditawarkan pada umumnya. Hindari melihat perampingan karena merampas diri Anda dari suatu standar tertentu. Setelah Anda membebaskan diri dari kebutuhan tertentu Anda akan segera belajar bahwa waktu Anda akan terasa lebih bernilai.





Sumber:

No comments:

Post a Comment